TUGAS 2 dalam Bahasa Indonesia

ASPEK PSIKOLOGI SISWA DALAM MENGHADAPI BEBERAPA SOAL

Aspek psikologi siswa atau gejala jiwa yang terjadi pada siswa tentu saja terjadi kapan saja. Akan tetapi, apabila siswa dihadapkan pada beberapa soal matematika akan timbul gejala jiwa yang timbul seiring dengan sikap mereka dalam menghadapi soal tersebut. Aspek psikologi pada siswa yang timbul ketika menghadapi soal matematika dapat dipengaruhi oleh kesiapan siswa dalam mengerjakan soal dan perasaan siswa sebelum mengetahui soal tersebut. Psikologi siswa sebelumnya dapat mempengaruhi sikap siswa dalam menghadapi soal.

Soal-soal yang diberikan pada siswa dapat menunjukkan kesiapan belajar mereka dengan melihat gejala psikologis yang timbul pada siswa setelah menerima soal tersebut. Secara umum, siswa yang siap tentu akan santai dan tenang begitu melihat soal-soal. Akan tetapi, siswa yang belum siap atau belum belajar, begitu melihat soal tentu akan terlihat kebingungan atau gelisah. Namun, karakter siswa berbeda-beda, tidak setiap tingkah siswa menunjukkan perasaan yang sebenarnya dirasakannya. Secara umum memang pemberian soal pada siswa dapat menjadi tolok ukur kesiapan belajar siswa.

Pemberian beberapa soal matematika pada siswa, pasti akan menimbulkan berbagai macam gejala jiwa dalam diri mereka. Contohnya apabila siswa menghadapi soal-soal berikut ini.

VI. Selesaikanlah

  1. Tentukanlah himpunan penyelesaian dari SPNLDV berikut.

a. 5/x+ 4/y= -2 dan - 3/x- 6/y= 9/4

b. 3/a +2/b-5/2= 0 dan 2/a+ 4/3b= 5/3

  1. Ani dan Budi pergi membeli buku dan pensil di took buku. Harga pembelian buku dan pensil mereka dapat kamu lihat pada tabel berikut.

Pembeli

Buku

Pensil

Harga

Ani

2

3

Rp 7.200,00

Budi

3

2

Rp 7.800,00

Tentukanlah harga satu buku dan satu pensil.

  1. Rina dan Santi pergi ke supermarket. Rina membeli lima kilogram apel dan satu kilogram jeruk Rp 60.000,00. Santi membeli dua kilogram apel dan tiga kilogram jeruk seharga Rp 50.000,00. Tentukan harga satu kilogram apel dan satu kilogram jeruk.
  2. Rudi sedang menghitung uang sakunya bulan ini. Uang saku Rudi terdiri atas lembaran sepuluh ribu rupiah dan lima ribu rupiah. Jumlah seluruh lembaran uang saku Rudi 8 lembar. Adapun jumlah uang saku Rudi seluruhnya adalah Rp 65.000,00. Tentukan banyaknya setiap lembaran uang saku Rudi tersebut.

Begitu melihat soal-soal di atas psikologi siswa dapat dilihat melalui sikap yang mereka tunjukkan. Perubahan psikologi pasa siswa dapat terjadi dalam tiga tahap, yakni saat soal dibagi, saat mengerjakan soal, dan pasca pengerjaan soal.

a) Saat pembagian soal

Saat soal dibagi oleh guru dan saat siswa menerima soal dari guru, aspek psikologi yang mungkin akan timbul pada diri siswa adalah: kaget, kesusahan, malas mengerjakan, rumit, banyak, penasaran, menantang, bingung, cuek, menganggap mudah.

Perasaan kaget dapat timbul saat siswa baru saja melihat soal. Perasaan kesusahan, rumit, banyak, dan bingung dapat disebabkan oleh kekagetan mereka atau belum siapnya mereka dalam mengerjakan soal. Perasaan malas mengerjakan, cuek, dan menganggap mudah mungkin dirasakan akibat melihat soal yang sedemikian rupa dan tahu langkah pengerjaannya yang lama atau bahkan tidak tahu tetapi malas berpikir sehingga akan malas mengerjakan. Sementara itu rasa penasaran dan menantang dapat timbul karena siswa siap dalam mengerjakan soal dan selanjutnya pun akan semangat dalam pengerjaan soal.

b) Saat pengerjaan soal

Saat siswa mulai mengerjakan soal, aspek psikologi yang mungkin akan timbul adalah: merasa mudah, asik, senang, kesulitan, nyata, bosan, dan sebel.

Apabila siswa mampu mengerjakan dan lancar dalam mengerjakan soal, maka akan timbul rasa asik, menyenangkan, dan mudah. Sementara apabila tidak dapat mengerjakan akan timbul rasa kesulitan dan bosan. Rasa bosan dan sebel dapat timbul apabila sudah berkali-kali mencoba dan selalu gagal. Siswa mungkin akan bersemangat dalam mengerjakan soal karena bentuk soalnya adalah soal cerita sehingga tampak nyata dalam kehidupan sehari-hari.

c) Pasca pengerjaan soal

Aspek psikologi pada siswa pasca mengerjakan soal antara lain: puas, resah, tidak yakin atau tidak percaya diri.

Perasaan puas akan dirasakan oleh siswa yang bisa mengerjakan dengan lancar dan yakin dengan jawabannya, atau dapat pula dirasakan oleh siswa yang telah berkali-kali mencoba dan akhirnya dapat menyelesaikan jawaban. Sementara rasa resah, takut, tidak yakin atau tidak percaya diri mungkin akan dirasakan oleh siswa yang tidak lancar dalam pengerjaan soal atau jawabannya belum selesai, atau takut jawabannya itu salah.

Beberapa aspek psikologi yang tersebut di atas mungkin belum mencakup semua aspek yang terjadi pada siswa. Ada banyak sekali perasaan siswa yang belum tergambarkan dan tertuliskan karena psikologi itu sangat banyak dan luas. Secara umum aspek psikologi pada siswa akan tergambar pada sikap siswa.


REFERENSI:

http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2007/mar_16/lkPendi001.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram