Festival UMKM Sembada 3 Eksiskan UMKM dan Buka Inspirasi Usaha di Tengah Pandemi COVID-19

Suasana Festival UMKM Sembada 3

Pandemi Covid-19 telah dimulai sejak bulan Maret 2020 lalu. Virus Corona sukses menakuti masyarakat untuk keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa. Akibatnya, sektor perekonomian menjadi salah satu yang terdampak oleh adanya pandemi ini. Dari UMKM hingga pertokoan besar mulai dihindari dan tidak lagi ramai, hingga kreativitas harus makin diasah demi terus menjalankan usaha.

Pengalaman Tinggal di Rumah

Saya adalah salah satu orang yang takut keluar rumah sejak awal pandemi. Segala kebutuhan saya beli secara online dan mesti disemprot desinfektan setelah barang sampai di rumah. Dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan sekunder. Hanya untuk sayur dan bahan makanan harian saja yang biasa masih beli di warung dekat rumah. 

Jika seandainya semua orang melakukan hal yang sama dengan saya, maka usaha online adalah ladang baru di tengah pandemi ini. Pemilik UMKM dalam berbagai bidang bisa menawarkan produknya melalui toko online. Saya pun sempat berkeinginan membuat toko online dan menjual dagangan secara online. Namun, saya belum menemukan bidang usaha yang cocok dan sesuai passion saya. 

Setelah berminggu- minggu berada di rumah, tak dipungkiri bahwa rasa bosan datang melanda. Akhirnya saya memberanikan diri keluar rumah dengan selalu membawa hand sanitizer dan menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Saya yakin bahwa dengan menerapkan protokol kesehatan saya akan aman di luar rumah. 

Saya berpikir bahwa tidak semua orang bisa bekerja dari rumah. Masih banyak orang yang harus bekerja di luar rumah untuk tetap bisa mencukupi kebutuhannya. Misalnya, pemilik warung, pemilik UMKM, pengayuh becak, dan lain sebagainya. Kalau tidak ada yang melarisi, darimana mereka bisa bertahan? Dari kondisi tersebut saya menyimpulkan bahwa mobilitas masyarakat masih terus diperlukan meski dengan menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan. 

Festival UMKM Sembada 3

Kemarin, saya mendapat informasi bahwa akan diadakan Festival UMKM Sembada 3 yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman di Jogja Citi Mall. Penasaran dengan pameran tersebut, saya datang mengunjunginya bersama keluarga. Tentunya dengan tetap menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan. 

Ternyata pamerannya cukup besar dan ramai. Banyak UMKM yang bergabung dalam pameran tersebut. Ada pula kegiatan lain di panggung depan yang mengiringi acara pameran tersebut. Pada saat saya bekunjung sedang ada lomba peragaan busana dengan tema Batik. Bagus- bagus sekali model yang ditampilkannya.

Saya berjalan di tengah pameran. Melihat berbagai macam produk yang ditawarkan dari UMKM yang mengikuti pameran. Wah, ternyata ada banyak sekali macamnya. Mulai dari kerajinan kulit, pakaian, batik, tanaman, makanan, dan lain sebagainya. Di stand kerajinan kulit, banyak dijumpai berbagai macam tas, dompet, dan sepatu. Stand tanaman menyediakan brbagai tanaman mulai dari anggrek dan tanaman hias lainnya. Ada pula stand batik yang menawarkan berbagai kain batik dan pakaian batik hingga sandal batik. Tak luput pula stand makanan dan minuman, dari mulai kopi hingga berbagai snack. Itu belum semuanya, pokoknya ada berbagai macam produk di pameran itu. Semuanya begitu banyak, bisa Anda beli untuk memenuhi kebutuhan dan bisa dijadikan inspirasi usaha karena ada banyak macam poduk dari berbagai bidang. 

Saya melirik produk sandang yang menarik di mata saya. Melihat berbagai model dan produknya, saya tertarik untuk membuat usaha serupa. Saya lihat banyak UMKM bidang sandang yang menjual produk masker. Sepertinya masker memang menjadi kebutuhan utama saat ini. Setiap orang wajib mengenakan masker setiap keluar rumah. Tentunya diperlukan masker yang nyaman dan sesuai standar agar betah memakainya. Di pameran UMKM Sembada 3, saya melihat dan memperhatikan berbagai model masker dan bahannya. Betul- betul bisa menjadi inspirasi untuk usaha yang saya ingin bangun. 

Saya sudah mendapatkan apa yang saya cari, membuat usaha pembuatan masker mementingkan model yang nyaman, bahan yang nyaman dan aman, dan tentu saja motif yang menarik. 

Terimakasih Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman sudah membuat Festival UMKM Sembada 3. Saya bisa mendapatkan inspirasi, bisa membeli barang- barang yang saya butuhkan, sekaligus memberi kesempatan bagi berbagai UMKM untuk mengenalkan usahanya pada masyarakat luas.

#dinkopukmsleman #FestivalUMKMSembada3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram