Optimalisasi Konten Blog untuk Memajukan Wisata di Indonesia

Di era modern seperti sekarang ini, perkembangan dunia digital maju dengan pesat. Segala sesuatu dipermudah dengan adanya digitalisasi pada berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang pariwisata.

wisata Indonesia


Wisata adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh setiap orang. Wisata bertujuan untuk merefresh pikiran dan kepenatan serta sebagai sarana mencari kesenangan, ketentraman, dan kebahagiaan. Melupakan segala beban hidup. Tidak heran jika banyak orang yang membutuhkan informasi wisata sebagai referensi untuk memilih tempat wisata yang tepat dan cocok dengan selera.

Blog adalah salah satu sumber informasi yang diminati banyak orang. Meskipun sekarang ini media sosial cukup banyak digunakan, blog tidak begitu saja ditinggalkan. Banyak orang yang sering browsing di internet mengenai segala informasi yang dibutuhkannya. Kebanyakan informasi diperoleh dari berbagai macam blog yang muncul pada browser. Untuk itu, blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana akses informasi wisata.

Di era digital seperti sekarang ini, orang-orang banyak menggunakan media digital dalam beraktivitas. Salah satunya adalah berwisata. Di media sosial seringkali kita jumpai foto-foto wisatawan yang berpose dengan latar tempat wisata yang indah, atau sekadar pemandangan landscape lokasi wisata. Tempat wisata yang baru dan menarik, biasa tiba-tiba viral setelah direshare lebih banyak netizen. Banyak orang yang kemudian berminat ikut menyambangi tempat tersebut. Biasanya caption yang disematkan di media sosial masih minim informasi. Di sinilah peran blogger untuk menulis konten wisata yang lengkap.

Konten blog yang berisi tentang wisata lokal sekilas terkesan kurang bagus prospeknya. Namun, blog yang diisi dengan konten yang lengkap mengenai tempat wisata ditunjang dengan optimasi SEO yang baik memiliki peluang yang bagus dalam dunia digital.

Jika akan berkonsentrasi pada penulisan konten wisata, maka kita bisa menggunakan domain yang menarik. Pemilihan domain bisa berpengaruh pada posisi blog di mata mesin pencari. Kita bisa membeli domain dari salah satu penyedia domain yang sudah cukup terkenal yaitu https://www.indowebsite.co.id/domain/

Penulisan konten blog bisa dimulai dengan mencari objek-objek wisata yang baru trending di media sosial. Informasi lengkap mengenai objek wisata tersebut bisa diperoleh dengan menginjunginya langsung dan menuliskan pengalaman berwisata, bisa juga dengan bertanya pada wisatawan yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Jika objek wisata tersebut sudah terkenal, informasi bisa diperoleh dari blog-blog lain yang lebih dulu mengulasnya. Tentunya dengan gaya bahasa berbeda dan sebisa mungkin isi konten dibuat lebih lengkap.

Wisatawan biasa membutuhkan informasi tentang apa saja fasilitas yang ditawarkan dari sebuah objek wisata, lokasi objek wisata, akses menuju objek wisata, harga tiket masuk, waktu yang cocok untuk mengunjunginya, segala aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi, dan juga informasi mengenai kuliner serta oleh-oleh khas dari objek wisata tersebut. Jika dijabarkan satu persatu, informasi yang terkumpul bisa menggambarkan aktivitas wisata secara utuh. Wisatawan bisa mempersiapkan perbekalan dan segala sesuatu sesuai dengan kondisi objek wisata tersebut.

Informasi yang dituliskan dalam konten blog, akan lebih lengkap jika ada link menuju peta digital yang menunjukkan lokasi suatu objek wisata. Kalau yang dituliskan hanya alamatnya saja, informasi itu hanya cukup sebagai gambaran besar lokasi objek wisata. Untuk mencapai tempat yanah dituju, wisatawan membutuhkan informasi yang lebih detail. Wisatawan jaman sekarang biasa menggunakan aplikasi peta digital untuk menuju titik dimana objek wisata berada. Selain lebih jelas, wisatawan tidak perlu banyak berhenti untuk bertanya pada warga sekitar. Wisatawan juga dapat melihat estimasi waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan sehingga perencanaan waktu berwisata bisa lebih baik.

Biasanya untuk tempat-tempat wisata yang menyediakan fasilitas yang terbatas, pengelola objek wisata menawarkan kemudahan dengan pelayanan reservasi sebelum wisatawan datang. Informasi ini bisa ditambahkan dalam konten blog. Jika bisa menjalin kerjasama dengan pengelola objek wisata, pelayanan reservasi ini bisa dituliskan secara lengkap termasuk link atau nomor telepon untuk kemudahan wisatawan melakukan reservasi.

Akan lebih bagus lagi jika konten blog dilengkapi dengan menyertakan objek wisata yang saling berdekatan, juga hotel dan penginapan terdekat dari lokasi objek wisata.

Di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang tersedia. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata pendidikan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata heritage, wisata belanja, dan lain sebagainya. Semuanya begitu lengkap, tidak kalah dengan wisata di luar negeri. Bahkan banyak turis asing yang datang ke Indonesia karena keindahan negri kita ini. Sebagai warga negara yang mencintai tanah air, kita bisa menuliskan pesona pariwisata Indonesia di blog kita. Dengan begitu objek wisata di Indonesia akan lebih dikenal oleh banyak orang, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata di Indoneasia, dan semakin maju pula pariwisata Indonesia. Ayo rajin menulis. Semakin banyak menulis, semakin banyak orang tahu.

hastag:  #blogcontestindowebsite #hostingindonesia

1 komentar:

  1. Mampir ke Local Trip yuk...
    Kita saling berbagi informasi wisata, budaya dan kuliner nusantara

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram