“ENDE di mataku”

Disini, lingkungannya nyaman.. 1 hal yang kutakutkan dan banyak ada disini.. anjing. Dengan tatapannya yang tajam, lidah menjulur2, bak akan menerkam. Hii...
Dimana saja si anjing bisa didapati. Tetangga punya, di jalan juga sering bertemu. Klo dah ketemu, hanya bisa diam, berhenti, perlahan mundur, berharap ada orang lewat yg mau menyelamatkan, atau.. berharap ada angkot lewat supaya si anjing ga ngejar. Klo di dekat rumah, yah,, langsung teriak.. ”ibuuu.... ada anjing...” dan ibu rumah pun mengusirkan.. hehe.. alhamdulillah yah..
Fiuhh.... dan hal ini makin menantang. Teman seperjuanganku juga takut anjing ternyata, yah.. jadi berjuang bersama untuk dapat nyaman berada di lingkungan ini.
Pemandangan di sini indah skali. Tempatnya di dekat pantai, kota ini sepertinya dikelilingi bukit2. Melihat ke sisi utara, selatan, barat, timur, selalu bisa menemui gundukan bukit yang rimbun oleh pepohonan. Tapi yah, namanya kota, dataran rendah, dekat pantai pula. Panasnya rek...
Orang kalau mau kurus, bakar lemak mudah saja. Disini walaupun ga gerak2, sudah bisa berkeringat. Apalagi kalau sudah jalan kaki,, fiuh.. keringat bercucuran.
Saya belum pernah ke pantai dalam beberapa hari ini. Tapi, pernah melihat laut dari tempat yang agak tinggi. Sepertinya airnya biru jernih. Karena klo kluar kebanyakan pagi hari, yah.. daripada panas2 ke pantai, lebih baik jalan2 di dalam kota saja, walaupun belum tau mau kemana, asal jalan saja. Kalau sudah lelah ya berhenti. Kalau ga kuat jalan, ya naik angkot. Angkotnya klo di kota gini bentuknya angkot kecil/ kol tuyul (ky di pakem). di sini sy pernah coba ke swalayan, toko, n rumah sakit di sini. Swalayan n tokonya agak kecil sih,, ga ada mall, tpi tokonya lumayan lah.. walau hanya 1 lantai. Nek rumah sakit malah sepi. Antrinya ga banyak lho,, tpi yah memang belum lengkap. Sepertinya di sini dokter spesialisnya masih sedikit, jadi ada beberapa spesifikasi yang belum tersedia di rs di sini.
Teman, di sini angkotnya enak lho,, fleksibel, ga ada jurusan2. Pokoknya tuh angkot mau ngantar di dalam kota.  Angkotnya kaya ga punya tujuan n arah yang sama. Jadi kaya taksi. Klo ada penumpang naik, ditanya mau kemana, ada yg naik lagi ditanya lagi. Tujuan angkotnya yah tergantung penumpang, jadi ga harus sampe terminal atau satu jalur,, angkot bisa putar balik dimanapun, tergantung tujuan penumpangnya. Asik kan??  Bayarnya juga cukup murah, sekali jalan Rp 2000. Dan yang asiknya lagi,, di angkot jarang skali ada perokok..
Ojek juga banyak di sini. Memang pengendara ojek ga pake sragam,, jdi klo tukang ojek biasanya menanyai/ nyapa orang2 yg lagi duduk di pinggir jalan/ pejalan kaki, menawarkan jasa ojek gitu..
Tapi.. mengenai arus lalu lintas, sepertinya disini kurang tertib. Kalo pengendara motor atau angkot kadang mengendarainya cepat2 atau kadang belok mendadak. Serr..serr.. orang lagi jalan kaki saja bisa senam jantung.. tapi disini lalulintas tidak terlalu ramai, jadi ga ada macet. Nah, di sini ada kurangnya juga. Pengendara kayaknya ga terlalu peduli peraturan lalu lintas. Memang sih, kalo pengendara motor pada pake helm standar, tapi lihat saja. Ada lampu lalu lintas di perempatan,, banyak skali yang langgar. Entah karena sepi atau bagaimana, ga tau lah. Yang jelas, lampu lalu lintas tidak berfungsi optimal. Ada yang langgar, ada pula yang taat.
Di kota ende ini, masjidnya lumayan banyak.. berarti muslimnya juga lumayan banyak. Walapun yang mayoritas adalah non islam. Tapi kawan,, di sini toleransinya keren banget. Perlu diacungi jempol dah.. dari mulai hormat menghormati dalam sembahyang, dalam menyuguh makanan pun iya,, orang muslim kalo berkunjung di tempat orang non muslim, makanannya tetap diusahakan yang halal. Pokoknya baik banget orang2 di sini.
Oh iya, soal makanan, di sini agak mahal.. nasi ayam 15-20 ribu,,hehe.. di warung2 makan yang banyak dijual nasi ayam, nasi ikan, nasi daging, n nasi telur. Ada mi instan juga. Ada juga gado2 atau nasi pecel di beberapa tempat. Eits, warung makan padang juga ada. Trus.. porsinya sekali makan wuah.. buanyak buanget,, sepiring penuh, dan membukit. Bagi saya, itu buanyak buanget,, tapi memang kebiasaan di sini begitu. Klo makan lumayan banyak. Ya.. sepertinya tidak jauh beda dengan porsi laki2 klo di jawa..
Penduduk di sini orangnya baik2. Ramah2,, yah memang agak keras gaya bahasanya, tapi hatinya baik. Jangan salah kira juga ya kawan, di sini penduduknya memang berambut keriting,, tapi pigmen kulitnya kaya orang jawa lho.. kebanyakan sawo matang, ga hitam smua..
Paling senang di sini kalo ketemu sodara seiman, atau sodara dari jawa.. jadi ceritanya bisa panjang lebar,, bisa berbagi ilmu dan pengalaman juga. Seru lah pokoke..
Pernah sy ketemu orang jawa yg tinggal di sini. Bliaunya cerita,, klo di sini tempatnya nyaman, toleransinya besar, jadi nyaman tinggal di sini. Di sini ga ada yang namanya pencuri atau rampok. Bahkan pengemis juga tidak ada lho,,
Kemarin sy n teman sy agak kaget. Karena klo hari kerja penghuni rumah yg kami tempati pergi smua. Sy n teman sy berniat akan pergi juga, krna kami akan brgkat paling akhir, kami tanya. Klo ditinggal pergi, nanti kunci rumahnya ditaruh mana. Eh,, jawaban tuan rumah: “ pintu blakang dikunci, pintu dpan ditutup saja sudah.” Wets... aq ma temenq takut jg,, klo ada yg ilang gimana coba. Akhirx brg berharga kami bwa. Smpe akhirnya ketemu orang jawa tadi, yang crita klo di sini ga ada pencuri, bahkan orang meninggalkan motor di pinggir jalan tanpa dikunci, sehari smalam, ga akan ada yg ambil. wuihh.. keren bnget,, jdinya hari slanjutnya kami ninggal barang2 atau bawa barang2 jd nyaman n merasa aman. Meski yah.. masih hati2. Gimana... asik bukan...:D

Kemarin saya baru sadar,, kalau kita lagi jalan-jalan (jalan kaki maksudte) di Ende kita mesti rajin dada2.. (melambaikan tangan sambil bilang tidak),hehehe... karena setiap jalan, pasti ada angkot entah yag searah, entah yang berlawanan arah, itu menawari setiap pejalan kaki. “ende ka?”, lalu kita jawab “tidak” (sambil dada),hehehe...
Klo soal bangunan,, Perumahan di sini banyak atapnya menggunakan seng. Karena di sini ga ada pemroduksi genting. Yah, mungkin ga ada bahan yang bisa digunakan untuk membuat genting. Padahal suhunya puanas,, jadi tambah panas saja. So,, klo ada teman2 yang berminat. Coba buka usaha penjualan genting,, mungkin akan laku.hehehe...
Oh iya, satu lagi yang unik. Kemarin, sy jalan2 ke rumah teman. Kami sedang asik ngobrol tentang kemungkinan2 daerah yang akan kita tempati, mencoba mengira ira seperti apa nantinya yang akan mendapati daerah pelosok. Bapak asuhnya cerita..
kalau di desa yang tidak ada air, berarti mandinya di sungai. Tapi tidak sembarangan, tenang saja, tidak ada yang mengintip. Jadi, sebelum mandi qt bilang “rio mandi”, nah klo tidak ada jawaban berarti kita mandi saja, karena berarti tidak ada orang di sungai, klo qt dah selesai ya bilang saja “Rio selesai”, begitu. Jadi sungainya ada yg jagain (di jalan menuju sungai, bukan di sungainya). Nanti kan kalo gitu ada yg mo ngintip ga bisa. Mesti nunggu yg mandi slesai dulu. Nah,, klo ada yang ngintip baik sengaja atau tidak sengaja, wajib kena sanksi. Jadi,, rasanya aman ya klo ada di desa. Tpi yah, sy berharap ditempatkan di tempat yg lebih baik.amiin..hehehe..
cerita ini berdasarkan sepengetahuan sy, klo ada salah2 yo mbuh,, lha sy juga masih susah memahami bahasa orang di sini,,harap maklum, sakkecanthole.. haha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram