Pohon Kelapa

Layaknya pesisir pantai lainnya, di sini ada begitu banyak pohon kelapa. Baik yang tumbuh alami maupun sengaja ditanam oleh masyarakat. Manfaatnya tentu banyak seperti yang kita tahu.

Biasanya masyarakat menjual kelapa ke kota untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jadi kadang masyarakat jual kelapa muda, dg kisaran harga 5000/biji. Ada yang menjual dalam bentuk kelapa kering (yang sudah dikupas tapi masih gelondongan) harganya 1200-1500/ biji (padahal ini capek banget dari ngumpulin- angkut- kupas). Kalau dalam bentuk kopra bisa sampe 9000/kg(tapi lebih capek lagi karna harus cungkil juga), kadang bisa juga jual daun kelapa muda (biasanya rame dijual di kota pas menjelang Idul Fitri). 


Selain itu, buah kelapa kering biasa dibuat minyak kelapa untuk memasak/menggoreng, terus daunnya biasa dibuat sapu lidi.




Nah tadi pagi ,saya sempat tanya2 ke siswa tentang cara pembuatan minyak kelapa di sini. Jadi pertama2 kelapa dilewang (dikupas), kemudian diparut dan diperas untuk dibuat santan. Santan yang terkumpul dimasukkan dalam satu wadah besar (misalnya ember) lalu didiamkan sehari/semalam. Nah, biasanya minyaknya akan misah di bagian atas. Tinggal ambil saja minyak yang di atas itu, masukkan dalam wajan/ kuali lalu masak di atas api. Setelah itu bisa disaring untuk mendapatkan hasil yang jernih.



Untuk membuat 5 liter minyak kelapa dibutuhkan sekitar 50-100 buah kelapa kering. Biasanya masyarakat membuat minyak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk pemakaian pribadi. Nah, dalam sekali pembuatan tentunya membutuhkan tenaga yang nggak sedikit. Kadang kalau dikerjakan keluarga sendiri butuh waktu beberapa hari untuk proses lewang kelapa, tetapi jika dikerjakan dengan bantuan tetangga akan lebih cepat prosesnya. Ntar tinggal berbagi hasilnya saja.



Jarang ada yang menjualnya, kalaupun ada minyak kelapa di sini dihargai 10-20 ribu per 600ml.

Intinya, mau jual kah,mau buat minyak kah.. semuanya butuh tenaga yg nggak sedikit. Usahanya luar biasa. Makanya saya salut sama anak2 di sini, terbiasa kerja kerasnya itu loh..👍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram