Cari Hubungan yang Sebenarnya!!

"Cari hubungan"



Jadi... Di sini, ada istilah mencari hubungan. Artinya mencari perahu untuk tumpangan.



Sedikit saya jelaskan. Jadi, di Pulau Waigeo Raja Ampat itu biasanya kampung2 terletak di pesisir pulau dan nggak sampe ke tengah pulau. Nggak setiap kampung tersambung satu sama lain. Yang di dekat2 kota mungkin iya, jaraknya ga jauh2. Tapi... Kampung2 lain jaraknya lumayan jauh satu dengan yang lain. Kemudian, tidak ada jalan darat. Jadi kalau mau berpindah dari satu kampung ke kampung lain hanya bisa melalui jalur laut. 



Nah, pemerintah memang memfasilitasi kapal untuk transportasi umum. Tapi nggak semua tempat disinggahi. Saya nggak tahu kenapa, tapi beberapa kampung nggak dilewati kapal itu. Eh, lewat sih tapi nggak berhenti. Hehehe...




Itulah kenapa ada istilah mencari hubungan. Sebenernya bisa juga sewa, tapi kan mahal. Kalau salah mohon dikoreksi. Ini contoh perhitungannya. BBM dari Waisai-Urbinasopen dengan mesin 15 PK kotornya butuh 40 liter PP. Kali harga pertamax 13 ribu. Total 520 ribu. Kenapa pake harga PP? Ya iyalah,kalau antar jemput kan bolak balik. Belum ngasih ongkos ke motoris yg mengemudikannya. Belum olinya. Habisnya banyak. Kalau numpang, setidaknya 100 ribu untuk bantu uang minyak. Hemat kan..


Namun, mencari hubungan nggak semudah itu Fergusso....

Kalau dari kampung saya biasa keluar rumah pagi2 habis subuhan untuk duduk di pantai. Memantau perahu yang mau keluar lalu tanya tujuannya. Kalau cocok naik,kalau nggak cocok tunggu lagi. Begitu saja sampai siang. Kalau nggak ada artinya "ANDA BELUM BERUNTUNG, COBA LAGI". 


Kadang kalau lagi beruntung, ada informasi dari siswa atau masyarakat, bisa dapat kepastian hubungan. 

Kalau dari kota hampir sama. Titik tunggunya di muara kali belakang pasar Waisai. Tapi saya biasa tunggu jam 10an ke atas karena biasa masyarakat balik ke kampung sekitar siang sampai sore hari. Itu juga nggak tentu dapat,, cari timing yg pas itu susah. Kadang harus nunggu lama. Kalau bosen, tunggu sebentar saja, ntar balik cek lagi.


Capek nggak? Jelaslah capek... Tahu kan rasanya kalo digantungin, ga dikasih kepastian.Ya kaya gitu PERSIS. Wkwk


Tapi ya dinikmati aja.. InsyaAllah ntar juga dapat. 

Seru kan ada lika likunya 🙏🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Instagram